Do The Best For Earth

Tema "Investasikan Energimu Untuk Bumi" emang kedengarannya gampang, to easy to listen. But, to do it so difficult. Banyak dari para remaja khususnya, menganggap gampang dan remeh tentang masalah yang berhubungan dengan what to do for EARTH. Well, karena aku seorang remaja, akupun merasakan hal itu.



Oke, energiku? Banyak sekali pengertian energi dari segi IPA, IPS, dan bahasa, mungkin dari segi apa saja. Tapi, menurutku energy disitu adalah cara dan kegiatan berguna untuk Indonesia. Jawabanku adalah DO THE BEST yang lama kelamaan pasti akan BE THE BEST.

Kok bisa? Well, aku melakukan yang menurutku dan menurut orang lain baik. Dari hal yang kecil, seumpama yah membuang sampah, belajar karena saya pelajar, membantu orang tua kita, dan masih banyak lagi. Sedikit demi sedikit lama lama jadi bukit. Do the best dimulai dari keluarga, sekolah, masyarakat, dan lambat laun akan ke BUMI.
Emm, misalnya aja ada pepatah Cinta Tanah Air. Apa harus kita mencium tanah air? Membayangkannya saja sudah geli apalagi melakukannya.

Aku pernah ngerasain jadi anak paskibra di sekolahku, aku memang dididik mencintai bangsa Indonesia. Tapi aku mulai berfikir, menghargai orang lain aja nggak bisa, apalagi menghargai dan cinta tanah air? Seharusnya dimulai dari hal kecil. Yups, seperti baik terhadap semua orang, jujur,bergaul dengan siapa saja, menghargai waktu menurutku harus itu yang dilakukan remaja untuk menginvestasikan energi. Gak muluk muluk, gak banyak banyak. Just It, karena ngapain punya ide ide "Harus memajukan Indonesia", "Aku harus jadi orang ternama dan terkenal untuk menginvestasikan energi" dan lain sebagainya yang menurutku terlalu tinggi dan muluk.
Maju tidaknya suatu negara ditentukan dari dalam diri penduduknya. Jika penduduk Indonesia, tepatnya remaja Indonesia semua mau menginvestasikan energinya untuk negeri dari hal sekecil apapun Insya Allah Indonesia jadi negara yang maju.

Well, aku bukan murid yang pintar dan famous di sekolahku, banyak orang orang yang beranggapan bahwa murid seperti ini tidak bisa melakukan apa apa. Ups, mereka salah. Mungkin beberapa murid kurang pintar punya motto TALK LESS DO MORE. Memang NOBODY PERFECT. Kesempurnaan hanya milik Tuhan. Tapi berusaha untuk menjadi remaja hampir sempurna harus dilakukan. Dengan hal positif, sesuatu yang berguna dan apa saja yang menguntungkan diri sendiri dan orang lain.
Pernah dengar lagunya Justin Bieber - Never Say Never? Yah, it's beautiful song dengan lirik yang bagus dan tajam. Artinya, Remaja harus optimis dan selalu berusaha, karena akan berbuah manis.

Sebelum aku menulis ini, aku bertanya kepada teman temanku tentang tema ini dan mereka rata rata menjawab,"halah, aku gak punya usaha, males, lagian kita masih remaja, bukan waktunya mikir ginian." OH NO! Ada apa dengan remaja masa kini? Ada koreksi dari kalimat diatas, yaitu kurang berusaha, males dan REMAJA adalah masa indah dimana kita harus melakukan kegiatan berguna seperti yah menginvestasikan energi. I think, apa kegiatan ini susah dilakukan?
Mungkin susah tidaknya dikembalikan ke pribadi masing masing yang mau usaha atau nggak.

Disini aku enggak mengambil masalah berat seperti masalah masalah politik Menteri dan DPR kita saat ini. Aku mengambil masalah yang berkaitan dengan lingkungan dan masa depan. Kata guru guruku di sekolah lingkungan yang bersih, sehat, dan nyaman baik untuk kegiatan belajar. pikiran jadi tenang pokoknya jika ada yang indah disekitar kita. Ngomong ngomong soal lingkungan, Indonesia kurang mempunyai lingkungan indah. Mengapa demikian? Kembali ke pertanyaan semula, karena penduduk (remaja) kurang bahkan tidak mau menginvestasikan energi untuk hal segampang ini. Cukup membuang sampah, reboisasi, cinta lingkungan dari hati atau saja ikut berpartisipasi dalam Kompetisi Web Kompas MuDa & Pertamina seperti yang dilakukan para Mudaers dan SobatBumi, perbuatan tersebut sudah merupakan suatu usaha kecil yang menguntungkan bagi bangsa Indonesia. We know, memang tidak mudah melakukan ini. But, tidak ada usaha yang sia sia pasti ada hikmah dan balasan dari tuhan. Tidak ada pengorbanan yang sia sia, setidaknya pepatah ini mengingatkan kita.


Mungkin, usaha aja gak cukup. Dibutuhkan keberanian. Berani itu indah, begitulah kata kata dari pak Mario Teguh. Seseorang yang berani adalah makhluk indah. Berani melakukan perbuatan, berani menerima resiko dan berani berusaha. Lagi lagi usaha. Ada apa sih dengan usaha?
Usaha adalah niatan yang paling mendasar sebelum mencapai tujuan. Tanpa usaha, apalah arti dari energi kita yang terbuang. Tidak dimanfaatkan dengan baik.

Banyak cara sebenarnya yang bisa dilakukan remaja seperti aku. Aku suka blogging dan aku suka melihat tanaman tanaman hijau. Aku bisa melakukan aksi 1000, bahkan 1 milyar pohon untuk ditanam. Mungkin remaja lain bisa menginvestasikan energinya dengan bermacam macam kegiatan, contoh mengharumkan nama Indonesia dengan bermain basket, sepak bola, dsb. Atau bisa juga menyanyi sampai juara Indonesia Idol. Semua bisa dilakukan. Tak ada yang mustahil. Be best your self dengan mengasah bakat kita. Dari bakat itu kita bisa do everything for Indonesia. Iya kan?

Remaja diibaratkan bunga, yang tumbuh dan mekar dengan caranya sendiri. Tidak dipaksa, hanya dirawat dan diberi kasih sayang. Begitupun remaja, tumbuh dan berkembang menjadi remaja berbakat untuk investasi energi bagi keluarga, lingkungan dan yang terpenting sebagai warga negara yang baik untuk Indonesia. Remaja tumbuh dengan cara sendiri dan khusus yang tidak dimiliki oleh orang lain. Just the way they are. Bersama mudaers dan sobat bumi mari Investasikan Energimu untuk Indonesia! Tidak ada pengorbanan yang sia sia. Tunjukkan, lakukan segalanya untuk menginspirasi orang lain dalam menjaga bumi kita!

Akhir kata, aku akan melakukan semua usaha, semua keberanian dan apapun yang aku tulis diatas tadi adalah untuk menjadi manusia berkarakter dan membangun Indonesia dari keterpurukan. Karena setiap energi yang aku berikan kepada Indonesia adalah hal positif, sesuatu yang berguna dan bermanfaat bagi semua orang yang ada di negara gemah ripah loh jinawi ini.
I LOVE MY ZAMRUD KHATULISTIWA!

Kompetisi Web Kompas MuDa & Pertamina

23 comments:

Arief said...

Wah, keren keren .
sangat menginspirasikan :D

andaru said...

siip bro, generasi kita itu yang bisa ngubah dunia nantinya, makanya mumpung masih remaja jgn disia2kan :D

Maulana Dinda said...

Makasih arif :)

Maulana Dinda said...

@andaru: ini yang namanya remaja peduli masa depan :D

Unknown said...

Test

Maulana Dinda said...

fadel: test?

Anonymous said...

bingung mo berkata apa -.-a
semangat weeees
semoga menang,
kata-kata anda adalah inspirasi bagi remaja indonesia
semoga remaja-remaja di indonesia semakin bisa untuk lebih mencintai negaranya

Maulana Dinda said...

mitaqueen: trimakasih banyak ya mita. dukunganmu sangat berharga :)

Pritta said...

semangat din :D

Maulana Dinda said...

makasih ya prita :)

Unknown said...

Semangat dinda, aku slalu mu dinda, kawan

semangat :)

Anonymous said...

wow , bagus sekali untuk kehidupan sehari hari

Maulana Dinda said...

anonim: itu semua harus kita terapkan di kehidupan kita. mohon kalo comment pake nama biar akrab yaa :)

Maulana Dinda said...

arief syafaat: iya arif. tidak ada usaha yang sia sia :D

Unknown said...

benar itu dinda, untuk menggapai sesuatu harus berusaha keras, semangat, dan berdoa agar di beri kemudahan


Semangat !

agustachandra said...

kamu hebat din

Maulana Dinda said...

Arief syafaat: Kamu doain aku yaa rif :D

Maulana Dinda said...

Agusta: makasih banyak :)

Aprilia said...

iya yah, emang seharusnya kita menjaga alam ini

Maulana Dinda said...

sebenarnya itu merupakan kewajiban kita hidup di bumi ini.

febby roiyana said...

good :)

Aldike Wandari said...

it looks like my opinion. hehe. when i was reading it, i just smile and well, my argue is true. the old earth must be kept.This shows that we care about the environment and be teenagers useful for the world :D

Miami Party Rentals said...

"Everything should be made as simple as possible, but not simpler."
Party Rental Miami

Post a Comment

 
Redesign by who?